Syari’at Islam mengharamkan mengkonsumsi dan memakainya dengan segala macam dan caranya. Karena narkotika itu dapat menghilangkan lima hal yang dilindungi agama yaitu; din, akal, jiwa, harta dan harga diri. Di antara dalil-dalil yang menunjukkan haramnya barang jahat ini adalah:

Pertama: firman Allah yang artinya: “dan telah menghalalkan bagi mereka hal-hal yang baik dan mengharamkan segala hal yang buruk.” (a-A’raf: 157). Setiap orang yang berakal sehat, pasti mengatakan bahwa narkotika itu termasuk barang “buruk”.

Kedua: firman Allah berfirman yang artinya: “Janganlah kalian membunuh diri kalian sendiri. Sesungguhnya Allah Maha Penyayang terhadap kalian.” (an-Nisa’: 29). Menurut penelitian medis, narkotika dapat menyebabkan kematian mendadak sebab lumpuhnya hati.

Ketiga: Hadits Ummu Salamah, ia berkata: “Nabi r melarang mengkonsumsi setiap hal yang memabukkan dan yang menyebabkan seseorang lemah dan malas.” (HR. Ahmad dan Abu Daud). Padahal setiap narkotika dengan seluruh jenisnya menyebabkan pemakainya mabuk melayang dan malas.

Keempat: Hadits Nabi r: “Setiap hal banyak (yang dapat) memabukkan, maka sedikit (dari)nya pun juga haram. (HR. Abu Daud)