Dalam pengantarnya ustad danu menyampaikan akan pentingnya selalu menjaga lisan kita. Lisan harus benar-benar digunakan untuk berkata yang benar. Jangan sembarangan berbicara apalagi berbicara hal-hal yang tidak baik. Karena salah-salah menyebabkan penderitaan kepada kita sendiri.

Berikutnya adalah tentang pentingnya bersikap khusnudzon atau berbaik sangka kepada orang lain. Walaupun kelihatannya sederhana…..sikap khusnudzon atau berbaik sangka kepada orang lain…..akan membuat hidup kita menjadi lebih ringan. Sikap khusnudzon juga bisa menyembuhkan banyak penyakit. Dengan berprasangka baik kepada Tuhan…akan membuat kita lebih dekat dengan -Nya….akibatnya …doa yang kita panjatkan menjadi mudah terkabul.

Kemudian ustad danu menerima telepon dari beberapa pasien diantaranya :

Ibu Lis dari Medan
Menderita rheumatic. Kaki bengkak, tumit sakit kiri dan kanan. Ustad danu menjelaskan bahwa sakit pada tumit nya disebabkan karena adanya rasa jengkel kepada seseorang….yang dipendam. Solusinya….maafkanlah orang tersebut dan mohon ampun kepada Alloh atas semua kesalahan selama ini.

Sedangkan dengkul yang sakit disebabkan bila punya keinginan sealu ngotot. Solusinya bersikaplah santai.

Ibu Suwadi di Depok (60 th)
Telapak kaki kiri cekot-cekot. Menurut ustad danu ini disebabkan karena kalau menyuruh anak sering dengan paksaan. Solusinya : pakailah kata-kata “minta tolong” dan jangan memaksa atau dengan cara baik-baik.

Sedangkan dada sebelah kiri yang sakit disebabkan karena sering marah-marah. Solusinya bersabar.

Ada seorang jamah di mesjid annida TPI menderita gangguan fungsi otot.

Mulut susah menelan makanan, bicara kadel, gangguan pada mata. Setelah berdialog dengan ustad danu …..diketahui bahwa penyebab sakitnya adalah …kalau marah sering diam ….jengkel dan nggak mau bicara. Akibatnya lidahnya di buat kadel dan susah menelan.

Sedangkan mulut yang susah menelan makanan disebabkan kalau diberi nasehat kurang mau mendengarkan.Solusinya sering-sering mendengarkan nasehat atau pengajian di mesjid. Dan kalau nggak cocok dengan keluarga diusahakan untuk membicarakannya…jangan diam saja.

Bukankah di dalam al Qur an telah disebutkan “ Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”. Artinya kalau kita melihat keburukan …kita harus mengingatkan keluarga. Jangan diam saja.

Berikutnya seorang istri yang disumpahin suaminya…..ibu juriah namanya……

ibu ini menderita sakit mata kiri….retina rusak (memutih di bagian hitam). Solusinya saling memaafkan antara suami dan istri….terus berdoa kepada Alloh mohon ampun. Sering lakukan sholat tahajud dan besyukur kepada Alloh.

Memang kita dilarang untuk berkata-kata yang tidak baik apalagi sampai nyumpahin istri sendiri. Kalau jengkel sudah keterlaluan….lebih baik nyumpahinnya yang bagus-bagus aja….misalnya jadi sehat lho nanti…jadi kaya lho…jadi pintar…dan lain -lain ……atau lebih baik lagi kalau di doakan semoga diberi keselamatan dan diampuni dosanya oleh Alloh swt.

Bapak rawan

Menderita ginjal,lever, bengkak dada dan perut. Ustad danu menjelaskan bahwa sakit ginjal dan lever disebabkan oleh sikap yang kaku, emosional, dan sering sekali marah-marah. Bapak ini sudah berhenti sholat karena hanya bisa berbaring saja. Kemudian ustad danu meengajak untuk sholat lagi walaupun dengan berbaring. Mohon ampun kepada Alloh dan meminta maaf kepada istri ataupun orang lain yang sering kena marah. Bersyukurlah kepada Tuhan walaupun berat…atas semua nikmat yang telah diberikanNya.

Bapk Rawan di anjurkan untuk selalu berdoa kepada Alloh. Doanya sebagai berikut : “Ya Alloh Jika sakitku ini karena kesalahan dan dosaku……aku mohon ampun dan mohon kesembuhan kepadaMu agar aku bisa lebih baik dalam beribadah kepada MU”.

Ibu Yanti di Mesjid Annida

anaknya yang masih kecil …lemas dan tidak mau berjalan. Kemudian ustad danu bertanya :” diantara ibu (si penanya) dan bapak (suaminya si penanya) kira-2 siapa yang malas melakukan pekerjaan rumah tangga?” kemudian mereka menjawab bahwa yang malas adalah ibunya. Solusinya….Jangan malas..!

Kemudian ustad danu bertanya lagi : ” siapakah yang sering meremehkan orang lain ?” Ternyata ibu nya juga. Untuk itu ustad danu menyarankan agar jangan meremehkan orang lain dan berkatalah yang baik…….dan sering 2 berdoa kepada Alloh mohon ampun.

Bukankah di dalam Al Qur an disebutkan ” Dan hamba Alloh yang berjalan dimuka bumi dengan bertawakkal dan rendah hati Bila ada yang mengatakan tidak baik….mohonkan ampun dan keselamatan kepada Alloh”.

Jadi bisa kita praktekkan kalau ada orang yang meremehkan kita dan berkata tidak baik kepada kita…mari kita doakan orang itu semoga diberi keselamatan dan ampunan oleh Alloh. Memang sulit …..tapi saya yakin itu bisa dilakukan…

Apabila kita dapat bersikap rendah hati dan tawadhu’ kepada setiap orang….saya yakin hidup kita akan lebih sehat dan bahagia.