Lanjutan dari ” Penyakit dan Penyebabnya” :

Beberapa sikap yang sering di ulas oleh mas danu antara lain : gampang emosi, kaku, jengkel yang dipendam terlalu lama, tidak menghargai orang lain, mudah marah, dan masih banyak sikap lainnya yang sebenarnya kita sendiri tahu bahwa itu tidak benar. Lihatlah diri anda sendiri….apakah ada sikap2 seperti tersebut di atas?….kalau ada rubahlah secepatnya menjadi sikap yang lebih baik. Sebelum Allah memberikan peringatan kepada kita dengan datangnya suatu penyakit.

Dalam pengajian kali ini ustad danu menjelaskan beberapa hal tentang penyakit dan penyebabnya. Berikut sebagian yang dapat saya tulis di sini:


Dari mas endang Kurnia pencipta lagu mbah dukun itu lho. Istrinya menderita “koma” sudah 5 hari di Rumah sakit. Sudah berobat kemana-mana tetapi belum sembuh. Akhirnya minta kepada ustad danu untuk di doakan diberikan nasehat agar tidak hobi marah, tidak merendahkan suami, dan kembali ke jalan Allah secara total. Akhirnya istrinya bisa sembuh dan Mas Endang ini sangat bersyukur kepada Allah dan ingin selalu di bimbing di jalan yang benar.

Ibu Nita di Karawaci

Suaminya bernama Bapak Agus menderita sakit perut kanan dan kiri. Oleh ustad danu dinasehati supaya jangan mudah marah sama anak dan istri. Dulu…..Kalau punya keinginan belum terpenuhi seringnya marah-marah. Tapi sekarang sudah tidak marah2 lagi karena sudah pensiun……?( wah karena sdh pensiun…marahnya juga pensiun ya pak….).

Ibu Tri dari Jakarta

Kaki kapal disebabkan oleh sikap : ingin mengerjakan sesuatu di keluarga….tetapi tidak dikerjakan. Misalnya ingin bersih-2 tetapi nggak dikerjakan.

Anak laki2 nya usia 11 tahun : gerakannya lambat dan lemah pikirannya. Solusinya : ibunya jangan suka melamun….dan bangkitlah dari perasaan depresi….untuk lebih aktif dalam hidup ini. Sholat malam dan mohon ampun kepada Allah.

Pusing : disebabkan: ada yang dipikirkan tetapi belum ada solusinya. Makanya harus bersabar.

Darah rendah : terlalu kawatir sehingga hormone adrenalin tidak berfungsi dengan baik.

Berikutnya ibu Sri dari Magelang

Osteoporosis , pinggul sering sakit. Menurut ustad danu disebabkan oleh rasa sering marah ………setelah ditanya ke ibu Sri penyebabnya apa….ternyata karena nggak dikasih uang oleh suaminya…? (ha….ha…ha…). solusinya jangan sering marah ya bu….!

Bapak2 yang menderita sakit infeksi di bagian usus besar.

Sudah pernah operasi tetapi masih sering kambuh dan sakit. Oleh ustad danu dijelaskan bahwa rasa sakitnya disebabkan karena sering emosi atau jengkel terhadap sesuatu. Solusinya jangan mudah emosi atau jengkel.

Ibu2 yang menderita sinusitis. Penyebabnya adalah kalau berteman hanya dengan satu orang saja. Sulit berteman dengan orang lain. Solusinya lebih mebuka diri dan mengajak berteman dengan lebih banyak orang.