Kali ini ustad danu ditemani oleh Tengku Zaki. Memang segala penyakit yang datang itu sebenarnya disebabkan oleh perbuatan manusia sendiri. Di dalam Al Qur an disebutkan bahwa segala musibah yang menimpa manusia itu disebabkan oleh ulah manusianya sendiri. Sehingga bila kita menderita sakit tertentu…..ada baiknya kita introspeksi diri……dan bertanya kepada diri sendiri…apa yang telah saya perbuat? Kesalahan apa yang harus saya perbaiki?

Insya Allah kalau kita mau mengakui segala kesalahan kita….tentu penyakit yang sedang kita derita….akan berangsur-angsur sembuh…bahkan bisa sembuh total. Bahkan kata ustad danu …setiap diri kita ada malaikat yang selalu bertugas mengingatkan manusia. Bila manusianya salah …maka akan berakibat sakitnya bagian tubuh tertentu. Dan bila manusia ini mau mengakui kesalahannya dan mau memperbaiki diri….maka secara otomatis malaikat tersebut akan membantu dalam proses penyembuhan.


Sehingga bila ada seorang yang sakit keras….kemudian tiba-tiba bisa sembuh dengan hanya diberi nasehat kebaikan….dan mau melaksanakannya….Karena memang kesembuhan ini disebabkan oleh Ridho Alloh swt. Kalau Alloh menghendaki…tinggal “ Kun fa Yakun” maka jadilah kesembuhan yang diinginkannya.

Ada seorang yang sakit Serosis hati ( Lever tapi sudah parah). Menurut ustad Danu orang tersebut biasanya pendiam dan gampang jengkel terhadap orang lain. Kemudian ustad Danu mengajak orang tersebut untuk mau mengubah sikap tersebut menjadi lebih baik. Tips yang diberikan adalah mencoba untuk tersenyum kepada orang-orang disekitarnya. Karena dengan tersenyum akan membuat hati kita menjadi lebih rendah hati dan mengurangi sifat tinggi hati dan keras hati yang bisa menyebabkan serosis hati. Serta berusaha memaafkan orang-orang yang membuat kesalahan padanya dan tidak dendam. Dengan memaafkan…maka hati akan menjadi lebih lembut dan terhindar dari perasaan dendam dan dengki yang merusak.

Kemudian ada seorang ibu yang menayakan kepada ustad Danu kenapa anaknya tidak bisa buang air besar…padahal sudah operasi sebanyak 6 kali. Ustad Danu menasehati agar ibu dan suaminya mau mengubah sifat yang pendiam dan gampang jengkel. Dan mohon ampun kepada Alloh swt.

  • KESIMPULAN.

    Sebagian besar penyakit disebabkan oleh sikap yang mudah JENGKEL dan PENDIAM tetapi dongkol di dalam hati. Makanya kadang aku ibaratkan

    BENGKEL HATI vs JENGKEL HATI
    Semakin besar perasaan mudah jengkel seseorang …maka akan semakin sakit tubuhnya.
    Mulai sekarang marilah kita memperbaiki sikap kita yang mudah jengkel dan dongkol itu menjadi sikap yang sabar dan syukur kepada Alloh SWT.