Menurutku kalau anda sedang menderita sakit yang sangat parah ada baiknya anda menggabungkan beberapa hal ini secara sekaligus. Beberapa tersebut adalah :

1. Mengubah sikap menjadi lebih baik. Kalau biasanya pemarah …ya ubahlah menjadi sabar dan mudah memaafkan. Kalau tadinya pendendam…ya ubahlah menjadi pemaaf. Kalau tadinya kaku dan tinggi hati…ya ubahlah menjadi rendah hati dan mau peduli. Kalau tadinya cuek terhadap lingkungan sekitar….ya ubahlah menjadi perhatian dan peduli…….dan mudah tersenyum terhadap siapapapun. Insya Alloh anda akan menjadi lebih baik.


2. Rajin-rajinlah bersedekah. Menurut ustad Yusuf Mansur…orang yang rajin sedekah akan dipercepat tercapainya segala keinginannya…termasuk keinginan untuk sembuh dari suatu penyakit. Buatlah tekad ….untuk terus melakukan sedekah dan berbagi dengan anak-anak yatim dan fakir miskin yang tak mampu. Berbagi apa saja yang bisa anda berikan dengan ikhlash. Insya Alloh hidup anda menjadi lebih bermanfaat dan lebih berbahagia. Bukankah kebahagiaan adalah ketika kita bisa memberi kepada orang lain? Baca artikel saya tentang arti kebahagiaan sebelumnya atau klik di sini.

3. Hiduplah sederhana. Karena semakin anda mampu menikmati hidup sederhana…maka hati anda akan semakin tenang dan damai. Kesederhanaan akan membuat hidup anda manjadi lebih bermakna. Kalau biasanya anda tdak pernah jalan kaki …cobalah sesekali jalan kaki dan lihatlah orang-orang yang anda jumpai. Ada yang mungkin untuk makan saja mereka tidak bisa. Hidupnya susah dan menderita. Tanyalah pada diri anda sendiri…apa yang bisa anda perbuat untuk membantu orang-orang yang tidak mampu tersebut dan berbuatlah untuk mereka. Setelah itu bersyukurlah atas kondisi anda saat ini. Karena masih diberi kesempatan walaupun kesempatan itu hanya sedikit. Manfaatkan betul-betul waktu yang masih ada ini untuk berbuat kebaikan dengan sesama.

4. Perbanyak ibadah sholat tahajud dan baca Al Qur an serta renungilah maknanya. Syukur-syukur sampai anda merasakan keharuan yang mendalam. Menangislah dan mengadulah kepada Yang Maha Kuasa dan Maha Memberi …dan yakinlah Alloh akan mengabulkan doa anda.

5. Pasrah dan tawakal. Ikhlaskanlah dan pasrahkanlah kepada Alloh atas semua usaha yang anda lakukan.